NEWS

20 Ton Beras “Breuh Sicupak” dikumpulkan Solidaritas Aceh Untuk Rohingya

Lensa Aceh, Aceh Besar – Sejak terbentuk 9 september 2017 lalu, aksi Solidaritas Aceh untuk Rohingya (SAuR) telah menerima mencapai 20 ton beras sumbangan masyarakat. Sumbangan ini hasil dari program pengumpulan dengan tema “Breuh Sicupak” atau segenggam beras dari rakyat Aceh. Hal ini disampaikan koordinator SAuR Tgk. H. Faisal Ali dalam pertemuan di Aula Majelis Permusyawaratan Ulama, MPU Aceh, senin siang (26/9).

Tgk Faisal Ali yang juga menjabat wakil ketua MPU Aceh menyebut dalam waktu dua pekan sejak program “Breuh Sicupak” di laksanakan antusias masyarakat Aceh  menyumbang beras untuk pengungsi Muslim Rohingya sangat tinggi. Pengumpulan beras yang baru di fokuskan di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar telah mencapai 20 ton beras yang di tempatkan di posko SAuR, komplek kantor sekretariat MPU Aceh.

“Ini adalah sumbangan yang di antar langsung oleh masyarakat baik pribadi maupun lembaga. Selanjutnya kita membutuhkan lebih banyak relawan dari ormas atau lembaga di seluruh Aceh, yang bersedia menjadi koordinator penggalanggan hingga tingkat kecamatan dan gampong,” jelas Tgk. Faisal Ali yang juga akrab disapa Lem Faisal.

Dalam pertemuan yang di inisiasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) tersebut sejumlah lembaga seperti Komunitas Solidaritas Dhuafa Aceh (KSDA), Dompet Dhuafa, BKPRMI, Majelis Zikir Muda Balia dan sejumlah ormas lainnya telah menyatakan kesiapan menjadi koordinator wilayah kecamatan di Banda Aceh dan Aceh Besar.

“Program penggalangan dana “Breuh Sicupak” ini kita harapkan mencapai hasil optimal dalam waktu 6 bulan, lalu akan kita kirimkan ke pengungsi Muslim Rohingya di Bangladesh. Jika setiap keluarga di Aceh menyumbang dengan kemudahan segenggam beras saja, maka hasilnya akan sangat membantu saudara kita muslim Rohingya,” harap Lem Faisal.

Kedepan SAuR juga akan membentuk koordinator penggalangan beras dan dana di seluruh kabupaten kota di Aceh. Diharapkan banyak lembaga dan ormas di daerah yang ikut serta bersedia menjadi koordinator kegiatan yang berlandas kearifan lokal masyarakat Aceh ini.

KSDA dan Elhanief Dukung Aksi Solidaritas Aceh untuk Rohingya

Sementara itu ketua umum KSDA Akmal Hanif menyampaikan dukungannya pada kegiatan yang dilaksanakan SAuR. Ia menyebut relawan KSDA perwakilan di setiap kabupaten kota akan siap membantu sosialisasi kegiatan ini hingga melaksanakan penggalangan bantuan.

“KSDA mendukung dan siap berkoordinasi dengan gerakan yang peduli dengan nasib pengungsi Muslim Rohingya, kita akan membantu sesuai kemampuan para relawan KSDA,” sebut Akmal yang juga CEO perusahaan Elhanief Group.

Sebelumnya pada peringatan tahun baru Hijriah KSDA  juga telah menggalang malam amal untuk membantu muslim Rohingya.

“Jika dibutuhkan bantuan tenaga, saya juga siap diberangkatkan ikut menjadi relawan membantu langsung saudara kita muslim Rohingya di pengungsian,” pungkas Akmal. (DR19)

Solidaritas Aceh untuk Rohingya (SAuR) “Breuh Sicupak”

Bantuan berupa beras dan dana bisa dikirimkan langsung ke Sekretariat Bersama Solidaritas Aceh untuk Rohingya di Komplek Kantor MPU Aceh, Lampeuneurut, Aceh Besar.

Bantuan dalam bentuk dana dapat dikirimkan melalui rekening : 

610.01.99.000088.4 Bank Aceh Syariah (Kode : 116)

Atas nama : Aceh untuk Rohingya

Untuk Informasi silahkan Hubungi :

085214368848

081360240471

Koordinator : Tgk. H. Faisal Ali 

Sekretaris : Teuku Farhan

Humas : Tgk. Teuku Zulkhairi

 

https://www.youtube.com/watch?v=7YxONSa6IuA

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close