AGAMAINTERNASIONALNEWS

Aksi Heroik Tim Medis Elhanief Tangani Jamaah Sakit di Pesawat Saudi Arabia

Pesawat Harus Mendarat Darurat di India

Lensa Aceh, India – Suasana tegang terjadi dalam pesawat Saudi Arabian Airline penerbangan dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah menuju bandara Kualanamo Sumut, Indonesia, senin (3/12/2018).

Pesawat yang membawa pulang jamaah umrah tersebut dikejutkan oleh pengumuman adanya penumpang yang mengalami sakit. Seorang jamaah perempuan berusia 70 tahun asal Sumut yang berangkat dengan travel Medan, tiba-tiba mengalami gangguan pernafasan. Kru pesawat menanyakan apakah di antara penumpang ada dokter atau perawat yang mampu mengambil tindakan medis. Kebetulan di antara beberapa rombongan jamaah umrah di pesawat tersebut, hanya travel Elhanief Aceh yang mengikutsertakan tim medis yang langsung membantu jamaah tersebut.

“Alhamdulillah, di pesawat ada tim medis seorang dokter, yang memang selalu kami ikut sertakan dalam setiap pemberangkatan jamaah umrah Elhanief. Tim medis dibantu pendamping elhanief lain bersama kru pesawat, melalukan upaya penyelamatan pertama pada jamaah yang sakit itu,” kisah Akmal Hanif, pimpinan Elhanief Travel.

Setelah melakukan perawatan selama sekitar satu jam, tim medis elhanief merekomendasikan jamah tersebut harus segera mendapat penanganan medis serius di rumah sakit. Rekomendasi tersebut disetujui Kapten pilot dan melakukan pendaratan darurat pesawat yang saat itu  sedang terbang di atas langit India.

“Pesawat harus melakukan emergency landing di bandara Mumbai India dan pasien dilarikan ke rumah sakit terdekat dengan ambulan yang sudah siaga,” lanjut Akmal.

Setelah itu pesawat melanjutkan penerbangan menuju bandara Kualanamo. Sumater Utara. Belakangan diperoleh kabar dari pihak Saudi Arabian Airline bahwa ibu tersebut telah meninggal dunia, sesaat setelah mendapatkan penanganan dokter di India.

Elhanief Travel Selalu Membawa Tim Medis Dalam Pemberangkatan Umrah

Kejadian ini merupakan salahsatu bukti pentingnya tim medis dalam rombongan jamaah umrah oleh sebuah travel. Elhanief telah menyadari hal tersebut dengan pengalaman 10 tahun menjadi penyelenggara perjalanan umrah dan selalu membawa tim medis khusus dalam setiap perjalanan umrah.

Menurut Akmal Hanif, jamaah umrah baik tua maupun muda harus mendapat perhatian kesehatan 24 jam selama di tanah suci. Karena faktor cuaca dan aktifitas ibadah sangat mempengaruhi kondisi tubuh. Dengan adanya tim medis, kondisi kesehatan jamaah dapat terus dipantau. Hingga pada tahap tertentu baru di bawa ke rumah sakit di Arab Saudi jika sudah dianggap perlu penanganan kesehatan lebih serius.

“Masih banyak travel yang menganggap remeh tentang keberadaan tim medis dalam rombongan umrah. Padahal itu sangat dibutuhkan oleh jamaah. Insya Allah Travel Elhanief berusaha memberi pelayanan terbaik. salahsatunya dengan selalu membawa tim kesehatan dalam setiap pemberangkatan jamaah Umrah dari Aceh,” tutup Akmal. (DR)

Tags
Show More

Deddy Ridwan DS

Deddy Ridwan menekuni dunia jurnalis sejak masa kuliah bergabung dengan UKM Radio Kampus Unsyiah 100,9 FM (1997) mengikuti jejak sang Ayah (alm.) Ridwan DS, wartawan senior RRI Banda Aceh. Tahun 2007 menjadi Presenter Talkshow, Produser Program, Anchor dan Reporter Aceh TV hingga sekarang. Tahun 2015 sempat bertugas sebagai staf Humas MPU Aceh. Tahun 2016 bertugas sebagai Humas elhanief Group dan mulai mengelola Lensa Aceh dibawah PT. Elhanief Makmur Abadi Media

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close