OPINI

Aktifkan Reminder Kehidupan Generasi Milenial Hadapi Era Revolusi Industri 4.0

oleh Prof. Dr. Syamsul Rijal

KESADARAN seseorang dalam berkehidupan sejatinya disertai dengan evaluasi diri. Instropeksi  atau muhasabah sangat diperlukan untuk mengevaluasi aktifitas yang dilakukan pada akhir tahun. Dengan tujuan mengukur apa yang telah dicapai dan apa saja yang belum terlaksana. Sekaligus memberikan poin penting untuk penanganan selanjutnya.

Sebagai  manusia bijak harus memiliki prinsip bahawa proses kehidupanya hari ini harus lebih baik dari sebelumnya dan esok harus lebih cemerlang dari hari ini.

Dalam konteks berkehidupan di era revolusi industri 4.0, generasi milenial harus lebih cerdas menghadapi tantangan modernitas. Membentengi diri dengan subtansi moralitas, sehingga jati diri terpelihara dari despritualisasi kehidupan. Sehingga sosio religi tidak hampa dari subtansi doktriner keyakinan beragama.

Salah satu hal yang urgen dilakukan oleh generasi milenial adalah meng-aktifkan reminder aktifitas kehidupan. Songsonglah kehidupan itu dengan nada pesan agar setiap waktu, setiap hari, setiap celah lorong yang dilalui bermanfaat dan dalam prestasi.

*Penulis : Prof. Dr. Syamsul Rijal, MA adalah Guru Besar Filsafat Islam pada Fakultas Ushuluddin dan Filsafat UIN Ar-Raniry Banda Aceh

  

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close