NANGGROENEWS

Banjir Genangi 633 Hektar Sawah di Aceh Utara, 485 Hektar Alami Gagal Panen

13 Desa Terendam Banjir, Kecamatan Samudera Terparah

Lensa Aceh, Aceh Utara – Sedikitnya, 485 hektar sawah mengalami puso alias gagal panen karena rusak terendam banjir di sejumlah kecamatan di Aceh Utara. Banjir yang melanda sepanjang  November 2018  telah mengakibatkan kerugian bagi petani.

Dirilis dari BERITAKINI.co, jumat (7/12/2018) dari keteranganKoordinator Pengamat Hama Penyakit (PHP) Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Utara, Herita Mutia, luas puso terparah berada Kecamatan Samudera. Total ada 633 hektar sawah masyarakat yang tersebebar di 13 desa, terendam banjir.

“Seluas 480 hektar di antaranya mengalami puso. Namun semua sawah itu masih pada tahap persemaian dengan usia 12 hari setelah semai.” katanya pada BERITAKINI.co

Selain itu, terdapat juga lima hektar sawah di gampong Alue Keurinyai, kecamatan Banda Baro, yang mengalami puso. Lima hektar padi tersebut telah berusia 25 hari setelah tanam.

“Di kecamatan ini total 260 hektar sawah di empat desa yang terdampak bajir, namun hanya lima hektar di antaranya yang mengalami puso,” terang Herita.

Secara keseluruhan, kata Herita, banjir merendam total seluas 2.850 hektar sawah warga yang tersebar di lima kecamatan, masing-masing Samudra, Banda baro, Seuneddon, Baktiya, dan Baktiya Barat. Mayoritas padi masih pada tahap persemaian dan tak semua persemaian mengalami kerusakan.

Ditanya lebih lanjut tentang  dampak banjir terhadap sektor perkebunan, Herita menyebut tidak ada data yang diperoleh dari  Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Utara terkait total kerugian petani.

“Data yang ada untuk periode 19 sampai dengan 28 November 2018 hanya padi saja. Kami hanya mendata sebatas kerusakan saja” sebut Herita.

Banjir yang terjadi di sejumlah daerah di Aceh Utara selain merusak lahan pertanian, juga  mengenangi pemukiman warga. Sejumlah rumah penduduk dilaporkan mengalami kerusakan parah dan ringan di terjang banjir yang terjadi november 2018 lalu. [red]

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close