NANGGROENEWS

Banjir Landa Aceh Utara, Ratusan Warga Mengungsi

Luapan Krueng Pasee Meluas Genangi 7 Kecamatan

Lensa Aceh, Aceh Utara  – Puluhan kepala keluarga terpaksa mengungsi akibat banjir luapan Krueng Pasee. Banjir dengan ketinggian mencapai 80 cm telah merendam rumah warga tujuh kecamatan di Aceh Utara.

Banjir yang terus meluas hingga kecamatan Tanah Pasir mengenangi gampong Alue, gampong Blang dan Mee Matang Panyang, selasa (20/11/2018). Banjir juga menyebabkan ratusan hektar tanaman padi warga mati.

Dirilis dari detik.com, Dari keterangan Wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf, banjir yang sebelumnya melanda Kecamatan Syamtalira Aron dan Kecamatan Samudera telah meluas hingga kecamatan Tanah Pasir.

“Banjir ini akibat buangan banjir dari Kecamatan Syamtalira Aron dan Kecamatan Samudera yang terlebih dahulu terendam,” kata Wakil Bupati Aceh Utara.

Fauzi Yusuf juga menyebut pemerintah kabupaten terus berupaya melakukan penanggulangan banjir dengan agar masyarakat dapat kembali ke rumah masing-masing dan beraktifitas normal.

Sementara Kepala Desa Alue, M Nasir, menyebutkan air mulai memasuki permukiman warga sejak pagi  dengan rata-rata mencapai 50-80 cm.

“Ada 30 Kepala Keluarga (KK) atau sekitar 200 jiwa yang mengungsi. Mereka pun sudah membuka dapur umum,” sebut Nasir.

Selain ratusan rumah yang terendam, ratusan tanaman padi yang baru sepekan ditanam warga juga ikut mati, akibatnya warga merugi jutaan rupiah.

“Terkait masalah ini, sudah kami laporkan ke muspika setempat, dengan harapan pemerintah malalui dinas terkait bisa membantu benih baru kepada warga,” sebut Nasir.

Untuk diketahui, sebelumnya banjir merendam Kecamatan Samudera, Syamtalira Aron, Matangkuli, Geureudong Pase, Sawang dan Meurah Mulia. Dari keseluruhan, Kecamatan Samudera tepatnya di Mancang dan Syamtalira Aron di Desa Kumbang terparah. Dua tanggul di desa tersebut jebol sehingga merusak 6 rumah warga. [red]

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close