NEWS

Bapak dan Anak Tanam Ganja di Sawang

Lensa Aceh, Lhokseumawe – Kapolres Lhokseumawe, AKBP Ari Lasta beserta jajarannya memusnahkan lahan ganja seluas 4 hektar yang ditemukan di empat lokasi terpisah, Kamis (19/7).

Lahan ganja siap panen yang dimusnahkan berada di Dusun Cot Rawa Thoe, Desa Jurong, Kecamatan Sawang, Aeh Utara. Dua tersangka yang diketahui ayah dan anak diamankan polisi.

“ Hari ini kita musnahkan lahan ganja siap panen seluas 4 hektar,” kata Kapolres Ari Lasta yang langsung terjun ke TKP.

Didampingi Kasat Narkoba Iptu Zeska Julian dan Kapolsek Sawang Ipda Zahabi serta Danramil Sawang, pemusnahan ladang ganja dilakukan dengan mencabut tanaman setinggi rata-rata 1 sampai 2 meter.

Seusai mencabut pohon ganja, barang bukti langsung dibakar di lokasi yang berjarak sekitar 70 km arah Barat Daya Lhokseumawe.

Lokasi yang berbukit dan terjal, tentu saja membuat upaya menghancurkan ‘bisnis’ ganja memang sangat sulit dilakukan aparat keamanan. Selain itu, jalan untuk mencapai lokasi saja, harus melintasi jalan berbatu.

Pohon ganja yang ditanam berbarengan dengan tanaman lain seperti cabe rawit, pohon pinang, papaya dan tanaman keras lainnya.

Sementara itu, dua tersangka yang berhasil diamankan adalah Husen (55) dan Musdar (30). Kedua tersangka merupakan bapak dan anak.

Menjawab Kapolres Ari Lasta, kedua tersangka mengaku menanam ganja tidaklah dijual sendiri. Tetapi, ada orang lain yang menampung hasil panen ganja mereka dengan mendatangi lokasi. “Saya tidak kenal orang yang datang membeli ganja,” kata Husen.

Sebelumnya, Husen pun menyebutkan kalau tanaman ganja yang ditanam tidaklah luas. “Hanya sedikit ini saja saya tanam. Yang lin itu, bukan punya saya,” katanya yang dibenarkan anaknya Musdar, sambil menyebutkan ganja ditanam hanya untuk mencegah hama menyerang tanaman cabe mereka.

Dengan tangan diborgol dan menggunakan sebo, kedua tersangka kini diamankan polisi. (Afk)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close