AGAMAKISAH MOTIVASINEWS

ELHANIEF ACEH BERDUKA, JAMAAH UMRAH WAFAT USAI THAWAF

Makkah, Arab Saudi – Suasana duka menyelimuti keluarga besar Elhanief Tour di Mekah, dengan wafatnya salahseorang jamaah umrah, Muhammad Yusuf Kasim, asal Idi, Aceh Timur. Almarhum wafat usai melaksanakan ibadah Thawaf, Rabu (4/1/2016) pukul 19:05 waktu Arab Saudi, saat adzan shalat isya berkumandang.

Ketua rombongan jamaah umrah yang juga CEO Elhanief Group, ust, H. Akmal Hanif mengabarkan, Almarhum sebelumnya terlihat sangat sehat. Sejak berangkat dari Aceh dan tiba di Madinah, hingga menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah umrah di Makkah.

“Namun kemarin setelah shalat magrib usai melaksanakan Thawaf Sunnah dan baru melaksanakan Sa’i dua putaran,  almarhum mengaku kurang sehat dan memutuskan  kembali ke hotel di antar tim pendamping  Elhanief Tour. Tiba di hotel beliau mengalami demam dan menggigil dan diselimuti tim kesehatan. Tidak beberapa lama, usai mengucap lirih zikir dan tahlil,  beliau wafat.” tutur Akmal menceritakan kronologi wafatnya almarhum.

c74d51ae-a472-45c4-9857-c5314f0e63bc

Dari data Elhanief Tour dan keterangan keluarga sebelum berangkat, almarhum yang 10 januari nanti akan berusia 73 tahun, memang sudah lama menderita sakit Diabetes dan Darah Tinggi. Namun sejak berangkat hingga selesainya proses ibadah umrah wajib, almarhum melaksanakan dengan semangat dan tanpa keluhan.

Dari cerita jamaah teman sekamar, siang sebelumnya usai shalat Ashar, almarhum sempat bercanda dengan beberapa jamaah lain. Bahkan saat seorang jamaah bertanya pendapat kepada Almarhum, seandainya meninggal di tanah suci apa keinginannya, almarhum dengan senyum menjawab,”Saya ingin dishalatkan oleh jamaah di Masjidil Haram dan dimakamkan di tanah suci, bukankah itu kerinduan banyak orang?” ujar almarhum disambut senyum dan tawa jamaah lain.

ALLAHU AKBAR.

b7afd926-c941-44d7-a10a-3cc02e3d80ee

Sementara itu ulama Aceh Tgk. H. Hasanul Basri atau Abu Mudi Samalanga yang juga ikut dalam rombongan umrah Elhanief ini juga terlihat sangat sedih atas wafatnya seorang jamaah dalam bimbingan beliau.

“Semoga Allah memberikan akhir Husnul Khatimah kepada almarhum dan keluarga diberi ketabahan serta keikhlasan. Kepada kita semua yang sehat, jagalah kesehatan dan yang sakit hindari pantangan yang di anjurkan dokter,” demikian pesan Abu Mudi kepada seluruh jamaah dan masyarakat Aceh khususnya.

Abu Mudi sendiri berada dalam kondisi sangat sehat dan prima selama melaksanakan ibadah umrah.

221b4a12-ceaf-47c1-952b-475df6e1d4d5

Wafatnya Almarhum Muhammad Yusuf Kasim sangat mengejutkan tim kesehatan Elhanief Tour di  Makkah, Karena kondisi cuaca di tanah suci yang saat ini sangat dingin, memang membuat beberapa jamaah menderita sakit dan mendapat perawatan terbaik dari tim kesehatan Elhanief dan dokter terbaik di Makkah.  Namun Almarhum sendiri, tidak pernah mengeluh sakit dan sangat prima melaksanakan ibadah wajib dan sunnah.

“Dalam rombongan kali ini kita membawa 141  jamaah, 5 pendamping dan beberapa pembimbing khusus di Mekah. Cuaca dingin menyebabkan beberapa  jamaah mengalami sakit dan telah dirawat dengan perhatian penuh. Almarhum pak Haji Muhammad Yusuf sendiri malah terlihat sangat sehat melaksanakan ibadah tanpa keluhan. Kami sangat terpukul atas wafatnya beliau,” jelas Direktur Elhanief Tour Safrianto, yang ikut dalam rombongan umrah gelombang kedua, akhir desember 2016 ini.

Almarhum di Shalatkan di Masjidil Haram, dimakamkan di Makkah.

1eec8143-ef00-49ee-919c-7859d82ef226

Setelah tim Elhanief Tour menyelesaikan segala prosedur administrasi ke kedutaan, almarhum dishalatkan usai shalat dhuhur di Masjidil Haram yang dihadiri jutaan jamaah dan dimakamkan di kota Makkah Almukarramah.

Tim Elhanief Aceh kunjungi rumah duka.

b0507afc-a862-459b-be50-f8e18c4db3fa-1

Sementara itu kamis pagi (5/1/2016) tim Elhanief Group Aceh dari Bireun, Lhokseumawe, Alue Puteh Aceh Utara, Langsa dan Aceh Timur, langsung mengunjungi rumah duka di Gampong Tama Pulo Dua, Idi Cut, Aceh Timur. Keluarga Almarhum terlihat sangat tabah dan ikhlas atas wafatnya almarhum di tanah suci, saat sedang melaksanakan ibadah memenuhi undangan Allah. (SSml/ DR)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close