MUQ BUSTANUL ULUMNANGGROENEWS

Pengadilan Tinggi Kabulkan Gugatan Pendiri Yayasan Dayah Bustanul Ulum

Menolak Eksepsi Para Tergugat

Lensa Aceh, Banda Aceh – Pengadilan Tinggi/Tipikor Banda Aceh mengabulkan gugatan Pendiri Yayasan Dayah Bustanul Ulum (YDBU) M Noeh AR dan kawan-kawan terkait sengketa status dan tindakan pengurus dari Yayasan Dayah Bustanul Ulum Langsa (YDBUL).

Para Penggugat merupakan Dewan Pendiri, Pengawas dan Pengurus sejak yayasan dan lembaga pendidikan ini pertama kali didirikan, diantaranya M Noeh AR yang merupakan mantan Bupati Aceh Timur di era tahun 80-an.

Yayasan ini sekarang memiliki dua lembaga pendidikan yakni, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) dan Madrasah Ulumul Quran (MUQ) Langsa.

Sebelumnya, dalam persidangan di Pengadilan Negeri Langsa dengan nomor perkara 19/Pdt. G/2014/PN Langsa, menolak gugatan tersebut dengan alasan Pengadilan Negeri Langsa tidak memliki kewenangan atas perkara tersebut.

Putusan PN Langsa dibacakan Majelis Hakim Sulaiman M SH MH, Deni Albar SH, dan Achmadsyah Ade Mury SH MH pada Kamis, 28 April 2015.

Para penggugat melalui kuasa hukumnya, Mohd Jully Fuady SH, Rahmad Syafrial SH, dan Chairul Azmi SH dari Kantor Advokat Jully Fuady and Partners Law Firm mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi/Tipikor Banda Aceh.

Majelis Pengadilan Tinggi Banda Aceh yang mengabulkan banding tersebut. Putusan itu dibacakan Ketua Majelis Ardy Johan SH dan didampingi dua anggota Wahyono SH dan H Maratua Rambe SH MH pada 11 April 2016.

Atas putusan Majelis Hakim Pengadilan Tinggi Banda Aceh, maka Pengadilan Negeri Langsa akan segera membatalkan putusan sela Pengadilan Negeri Langsa Nomor 19/Pdt.G/2014/PN-LGS.

Pengadilan Tinggi juga menolak eksepsi para tergugat serta menyatakan Pengadilan Negeri Langsa berwenang untuk memeriksa dan mengadili perkara tersebut.

Mohd Jully Fuady SH kepada Serambinews.com, Selasa (31/5/2016), mengatakan, pertimbangan hukum yang menjadi pokok sengketa dalam perkara ini adalah terguga I yaitu pihak Yayasan Dayah Bustanul Ulum Langsa (YDBUL) dan dan tergugat II, Notaris Riza Oktariana SH.

Dikatakan, pokok gugatan adalah terkait dengan masalah penguasaan aset dan keuangan tanpa serah terima dan proses audit yang independen dan sah dan juga tindakan perubahan akta kepengurusan Yayasan Dayah Bustanul Ulum (YDBU) menjadi Yayasan Dayah Bustanul Ulum Langsa (YDBUL)

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close