AGAMAPROFILPROFIL ULAMA ACEH

Profil Tgk. Abdul Aziz, Abon Aziz MUDI Mesra Samalanga

Syeikh. H. Abdul Aziz bin Muhammad Shaleh atau orang lebih mengenalnya dengan Abon Aziz Samalanga atau Abon Mesjid Raya.
Beliau lahir di Desa Kandang Samalanga Kabupaten Bireuen, yang dulunya Aceh Utara, Ramadhan 1351H/ 1930 M.
Pendidikan  Abon Aziz Samalanga mulai dari pendidikan formal pada tahun 1937,  Abon masuk Sekolah Rakyat atau disingkat dengan SR dan tamat pendidikan tersebut pada tahun 1944. Dari tahun itu pula Abon Aziz mempelajari Islam  pada ayahandanya selama 2 tahun.  saat itu orang tuanya pendiri Dayah Darul `Atiq Jeunieb sehingga dari kecil Abon sudah ditempa dengan manisnya
ilmu Agama islam.
Sejak 1946 Abon pergi menuntut ilmu ke Dayah LPI MUDI Mesjid Raya Samalanga yang saat itu dipimpin oleh Tgk. H. Hanafiah (Teungku Abi)  selama lebih kurang 2 tahun. Tahun 1948 Abon melanjutkan menuntut ilmu ke salah satu dayah yang dipimpin oleh teungku Ben (Teungku Tanjongan) di Matangkuli Kabupaten Aceh Utara.
Kemudian tahun 1949 kembali ke MUDI MESRA untuk mengajar atau mengabdi disana. Hingga tahun 1951 Abon memutuskan pergi ke Labuhan Haji menuntut ilmu pada salah seorang Ulama Besar Aceh yaitu Syeikh Muhammad Waly Al-Khalidi atau orang mengenalnya  dengan panggilan Abuya Mudawali. Belajar disana lebih kurang 7 tahun.
Pada tahun 1958 Abon kembali ke MUDI MESRA, untuk memimpin Dayah MUDI karena wafatnya pimpinan dayah. Dibawah kepemimpinan beliau Dayah Mudi Mesra juaga mengalami perkembangan yang lebih baik.

Tags
Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close